Cara Kerja Mesin Diesel

Mesin Diesel??? Khusus untuk "he" pasti gak asing kan dengan mesin ini #STMbanget. Sudah sangat familiar di masyarakat. Kenapa saya sendiri tertarik untuk membahas mesin ini. karena mesin diesel memiliki efisiensi termal yang lebih tinggi di bandingkan dengan mesin bensin. Jadi tak heran kenapa mesin ini banyak digunakan buat transportasi pengangkut,alat2 berat maupun Power plant (PLTD).

Sebelum kita membahas bagaimana cara kerja mesin diesel. kita harus tau mesin diesel yang berkembang dimasyarakat  menggunakan motor jenis 4 langkah. Maksudnya dalam 1 siklusnya terjadi 4 langkah gerakan torak atau 2 kali putaran poros engkol. ( Mesin diesel menggunakan bbm solar dan tanpa Busi ). siklusnya antara lain : Isap, (Kompresi+pembakaran ), Usaha dan Buang. Untuk lebih jelas bagaimana cara kerjanya maka perhatikan penjelasan sebagai berikut :
Langkah Isap
Langkah Isap : Torak bergerak dari A (titik mati atas) ke titik B (titik mati bawah), pada langkah ini katup isap membuka dan udara luar terisap kedalam silinder  melalui air intake dan katup buang dalam keadaan tertutup.
Langkah Kompresi : Langkah ini bergerak setelah langkah isap. dimana torak bergerak dari titik B ke titik A , udara yang sudah di dalam silinder akan di kompresi sehingga temperatur juga akan meningkat agar terjadi auto ignition. pada langkah ini kedua katup akan tertutup dan pada akhir kompresi atau torak berada pada titik A. Bbm solar di injeksikaan dan terjadi pembakaran.
Langkah Usaha : Langkah ini setelah proses pembakaran dimana karena adanya pembakaran akan menghasilkan ledakan di ruang bakar sehingga akan mendorong piston ke titik B. pada langkah ini kedua katup masih tertutup.
Langkah buang : Langkah ini terjadi setelah usaha , dimana torak akan bergerak dari B menuju A. pada proses ini gas sisa hasil pembakaran akan di buang menuju knalpot (exhaust) karena pada langkah ini katup buang membuka.
Berikut animasinya:


Perbedaan antara Motor bensin dan Diesel :
Mesin diesel memiliki langkah yang sama dengan motor bensin. 1 siklus terjadi 4 langkah gerakan torak. Perbedaan yang mendasar adalah sebagi berikut. 
Motor diesel: Saat langkah isap hanya udara yang di hisap (masuk silinder), memiliki perbandingan kompresi di atas 10, memiliki material yang lebih kuat, menggunakan bbm solar, saat akhir kompresi bbm di injeksikan dan tanpa busi.
Motor Bensin : Langkah isap campuran bbm dan udara yang di hisap (masuk silinder), memiliki perbandingan kompresi rata-rata 8,8-10 , material condong lebih lemah ketimbang diesel, menggunakan bbm bensin (premium untuk perbandingan kompresi 8-9,9 dan pertamax untuk kompresi upto 10 ), Saat akhir kompresi busi memercikkan api, so menggunakan busi pastinya :D.
Semoga bermanfaat dan sebagai refresh bagaimana basic dari motor diesel.

No comments: