Cara Kerja Mesin Jet

Dari Artikel sebelumnya Shigit Go-Blog™ sudah menjelaskan tentang Bagaimana pesawat bisa terbang ke angkasa kemudian hal apa saja yang mengakibatkan pesawat bisa mengudara beserta contoh pengujian sederhana gaya angkat yang terjadi. Kalo di cermati Cerobong mesin jet kita sering melihat semburan api atau apapun itu #edisiEgois. Nah untuk kali ini Shigit Go-Blog™ akan mencoba menjelaskan bagaimana system Pembakaran dari pesawat ( terjadinya proses pembakaran bbm )  dari mesin jet , Sehingga dapat mendorong pesawat akibat Hukum Newton III.  Sebernanya mesin jet itu sendiri terdiri dari beberapa jenis antara lain turbojet, turbofan, rocket, ramjet, dan pump-jet #Google. Dari jenis-jenis tersebut memiliki cara kerja atau prinsip kerja yang sama. 
Wikipedia.id-Mempercepat massa (udara dan hasil pembakaran) ke satu arah dan dari hukum gerak Newton ketiga mesin akan mengalami dorongan ke arah yang berlawanan.
Dari prinsip kerja di atas disebutkan bahwa kerja mesin jet terjadi apabila terjadi percepatan masa udara oleh hasil pembakaran, Bagaimana proses terjadinya pembakaran mesin jet ???


Dari gambar di atas mesin jet secara garis besar terdiri dari komponen : Kompresor, ruang bakar dan turbin . Kompresor sebagai pemampat udara , burner sebagai ruang pembakaran kemudian turbin.
Mesin jet jenis turbofan
Proses Pembakaran = Oksidator (udara) + BBM + Temperatur nyala ( panas ) .
Mesin jet memiliki system pembakaran yang unik, karena mampu membakar avtur ( bbm ) tanpa harus memercikkan api ( terbakar sendiri ). Cara kerja mesin ini hampir mirip seperti cara kerja di mesin diesel. yang membedakan adalah untuk membakar bbm mesin diesel membutuhkan tekanan kompresi dari piston. Lantas bagaimana dengan mesin jet yang tanpa menggunakan piston???

Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Untuk mendapatkan tekanan yang tinggi , udara luar dimampatkan (dikompresi) oleh kompresor. Kompresor tekanan rendah menghisap  udara luar yang ada disekelilingnya, kemudian udara tersebut ditekan dan dimasukkan kedalam kompresor tekanan tinggi untuk dimampatkan lagi (kompresor tersusun bertingkat atau seri). Perhatikan gambar di bawah ini kompresor terdiri dari 5 tingkat:
Kompresor bertingkat

Selanjutnya udara tekan ini ( bertekanan sangat tinggi+temperature sangat tinggi) di alirkan kedalam ruang bakar. Didalam ruang bakar disemprotkan bahan bakar kedalam arus udara tersebut sehingga terjadi proses pembakaran. Gas hasil pembakaran yang terbentuk itu kemudian dimasukkan kedalam turbin tekanan tinggi selanjutnya terus ke turbin tekanan rendah, dan sesudah memberikan sisa gaya dorongnya gas hasil pembakaran ini keluar menuju udara luar.


Semoga Bermanfaat dan tidak lupa CMIIW

source:http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/77/Turbofan_operation_lbp.svg/300px-Turbofan_operation_lbp.svg.png

No comments: