AirBag Technology di Kendaraan

Dari segi bahasa airbag terdiri dari kata Air:”udara” dan Bag: “Kantong”, jadi kalau di gabung menjadi kantong udara, Maksud dari airbag technology adalah sebuah teknologi dalam bidang otomotif sebagai safety dalam kendaraan yang bertujuan untuk keamanan bagi si penumpang atau passanger saat terjadi kecelakaan, yang menjadi pertayaan kenapa Indonesia baru booming sekarang??? ya itulah Indonesia, kesadaraan akan keselamatan masih sangat minim, dan sepertinya pemerintah juga masa bodoh (Mungkin). Tapi produsen kendaraan sekarang dalam pembuatan kendaraan bahan-bahan yang di pakai  juga berkwalitas rendah (asal bisa jalan+Lux’y) malah sperti kaleng roti asal dapat ke untungan Max (Mungkin). jadi biasanya airbag untuk melindungi bagian kepala,leher dan dada (Organ vital). Tapi jangan lupa sabuk pengaman tetep di pakai
Prinsip Kerja dari airbag adalah dengan menggunakan sensor benturan yang biasanya pada bagian yang sering terjadi benturan saat kecelakaan (jadul), untuk tecknology terbaru terdapat pada airbag itu sendiri dan sensor ini mengukur kecepatan dan seberapa parah terjadi benturan. Ketika terjadi kecelakaan yang parah, modul akan mengirim sinyal ke pemicu (igniter). Igniter merupakan perangkat listrik yang memiliki kawat tipis. Saat arus listrik mengalir melalui kawat maka kawat menjadi panas dan membakar propelan airbag yang terdiri dari azida natrium. Pembakaran azida natrium lantas menghasilkan sejumlah besar gas nitrogen ( Bukan gas berbahaya) yang mengisi airbag. Setelah kepala pengemudi membentur airbag, nitrogen lantas keluar menyebabkan airbag kembali mengempis. Awan asap yang mengisi kendaraan seiring proses ini sebenarnya adalah bubuk (tidak berbahaya).

Airbag yang dipasang di dashboard atau pada kemudi hanya akan mengembang jika terjadi benturan (tabrakan) depan atau dalam area 30 derajat dari arah depan mobil.

Jenis AirBag Berdasa Peletakan Modulnya

  1. Driver AirBag di tempatkan di steering Wheel untuk si sopir
  2. Passenger AirBag untuk penumpang yang duduk di depan
  3. Side AirBag di tempatkan pada sisi samping
  4. Curtain AirBag melindungi saat mobil terguling
Vidio Slow motion AirBag:

No comments: