Mesin Diesel??? Khusus untuk "he" pasti
gak asing kan dengan mesin ini #STMbanget. Sudah sangat familiar di masyarakat. Kenapa
saya sendiri tertarik untuk membahas mesin ini. karena mesin diesel memiliki efisiensi termal yang lebih tinggi di
bandingkan dengan mesin bensin. Jadi tak heran kenapa mesin ini banyak
digunakan buat transportasi pengangkut,alat2 berat maupun Power plant (PLTD).
Sebelum
kita membahas bagaimana cara kerja mesin diesel. kita harus tau mesin diesel
yang berkembang dimasyarakat menggunakan
motor jenis 4 langkah. Maksudnya dalam 1 siklusnya terjadi 4 langkah gerakan
torak atau 2 kali putaran poros engkol. ( Mesin diesel menggunakan bbm solar
dan tanpa Busi ). siklusnya antara lain : Isap,
(Kompresi+pembakaran ), Usaha dan Buang. Untuk lebih jelas
bagaimana cara kerjanya maka perhatikan penjelasan sebagai berikut :
![]() |
Langkah Isap |
Langkah Isap : Torak bergerak dari A (titik mati atas) ke titik B (titik mati bawah), pada langkah ini katup isap membuka dan udara luar terisap kedalam silinder melalui air intake dan katup buang dalam keadaan tertutup.
Langkah Kompresi : Langkah ini bergerak setelah langkah isap. dimana torak bergerak dari titik B ke titik A , udara yang sudah di dalam silinder akan di kompresi sehingga temperatur juga akan meningkat agar terjadi auto ignition. pada langkah ini kedua katup akan tertutup dan pada akhir kompresi atau torak berada pada titik A. Bbm solar di injeksikaan dan terjadi pembakaran.
Langkah Usaha : Langkah ini setelah proses pembakaran dimana karena adanya pembakaran akan menghasilkan ledakan di ruang bakar sehingga akan mendorong piston ke titik B. pada langkah ini kedua katup masih tertutup.
Berikut animasinya:Langkah buang : Langkah ini terjadi setelah usaha , dimana torak akan bergerak dari B menuju A. pada proses ini gas sisa hasil pembakaran akan di buang menuju knalpot (exhaust) karena pada langkah ini katup buang membuka.
Perbedaan antara Motor bensin dan Diesel :
Mesin diesel memiliki langkah yang sama dengan motor bensin. 1 siklus terjadi 4 langkah gerakan torak.
Perbedaan yang mendasar adalah sebagi berikut.
Motor diesel: Saat langkah isap hanya udara yang di hisap (masuk silinder), memiliki perbandingan kompresi di atas 10, memiliki material yang lebih kuat, menggunakan bbm solar, saat akhir kompresi bbm di injeksikan dan tanpa busi.
Semoga bermanfaat dan sebagai refresh bagaimana basic dari motor diesel.Motor Bensin : Langkah isap campuran bbm dan udara yang di hisap (masuk silinder), memiliki perbandingan kompresi rata-rata 8,8-10 , material condong lebih lemah ketimbang diesel, menggunakan bbm bensin (premium untuk perbandingan kompresi 8-9,9 dan pertamax untuk kompresi upto 10 ), Saat akhir kompresi busi memercikkan api, so menggunakan busi pastinya :D.
No comments:
Post a Comment