Material Masa Depan

  • Material cerdas
Ilustrasi
sumber:http://www.godunov.com/Bucky/buckyball-3.gif
Smart material adalah sekelompok material yang baru dikembangkan untuk menjawab persoalan dalam kehidupan sekarang atau masa depan nanti, Material ini mampu merasakan perubahan lingkungan dan mampu merespon terhadap perubahan lingkungan tersebut. dimana respon ini mirip yang dimiliki oleh makluk hidup, Material yang termasuk dalam material ini adalah material yang mampu mendeteksi sinyal input , shape memory alloy, keramik piezoelektrik dan magnetostrictive.
Shape memory alloy adalah suatu jenis logam dimana bentuknya dapat kembali pada bentuk semula jika suhu di ubah ke suhu awal maka juga akan kembali ke bentuk awal. Keramik piezoelectric akan memuai bila ada beban dan pemuaian akan menghasilkan medan listrik , sehingga dapat dipakai sebagai sensor beban pada lift atau mesin uji tarik , kemudian material magnetostrictive adalah material yang hampir mirip dengan piezoelectric namun material ini memiliki respon terhadap medan magnet. 
  • Nanoteknologi
Saat ini perkembangan teknologi material menunjukkan bahwa material dapat di desaind satu per satu dari atom atau molekul membentuk struktur material baru. Penyusun atom demi atom ini memungkinkan pengembang mendesaind material sesuai kebutuhan, Selain itu secara konvensional material ini dapat di belah dan di hancurkan sehingga ukurannya akan sangat kecil dimana sifat yang dihasilkan jauh berbeda dengan sifat material dalam skala penyusunan dan pembelahan material dlam skala atom yang berukuran rata-rata 0,2 nanometer, Teknologi ini dikenal dengan nanoteknologi . Jadi secara umum maerial ini berukuran di bawah 100 nm dianggap sebagai material berstruktur nano.
sumber : http://ucsdnews.ucsd.edu/graphics/images/2008/05-08NanowiresBIG.jpg
Salah satu contoh adalah partikel yang dimasukkan kedalam lapisan filter kaca kendaraan bermotor, dimana partikel ini berukuran nano sehingga tidak mengurangi tembus pandang kaca akan tetapi memiliki kemampuan menyerap sinar ultraviolet dimana memiliki kekuatan yang sangat superior dengan tingkat keuletan terjaga, Dimasa depan perkembangan teknologi akan memanfaatkan material rekayasa dalam skala nano.

Semoga Bermanfaat
Sumber : Pengantar Material Teknik.

2 comments:

Unknown said...

kalo material kaya di iron man 3 ada gak yak??
salam kenal bro,..
ane dari www.blogitgo.blogspot.com

Unknown said...

Iy bung, slm knal . .trma ksh knjgnnya . .
Iron Man kan cm tkoh fiksi . . hee.hee