Teknologi Cruise Control

Apa itu cruise control?? Teknologi ini juga disebut sebagai ‘speed control’ atau ‘autocruise’ dan berbagai nama lain tergantung dari pabrikan mobil :D...Cruise control merupakan sebuah teknologi untuk membantu kenyamanan ataupun memudahkan si pengendara di saat berkendara, Teknologi ini paling banyak digunakan pada mobil high-end, Teknologi ini sih intinya saat berkendara di jalan yang sepi dan lurus (jalan tol), kendaraan akan tetap berjalan tanpa si pengemudi tanpa menginjak pedal gas dan mampu menghemat bbm. Biasanya sih  diaktifkan dengan berupa tombol ataupun tuas (mirip tuas yang buat belok kanan kiri).Teknologi ini di klaim hanya dapat di aktifkan pada kecepatan di atas 40 km/jam.

Warning!!! Teknologi ini tidak cocok untuk jalan macet,banyak belokan ataupun jalan bersalju.Apabila tetep di gunakan pada jalan tersebut justru akan mengakibatkan keselamatan pengemudi terancam.

Berbagai teknologi cruise control pada kendaraan dengan nama berbeda-beda walapun aslinya sih memiliki fungsi yang sama, misal:

Distronic Plus – Mercedes-Benz
Active Cruise Control – BMW
Smart Cruise Control – Hyundai
Intelligent Cruise Control – Nissan
Dynamic Radar Cruise Control – Lexus

Jadi bagaimana apabila diterapkan di Indonesia???  Indonesia sering macet, banyak turunan dan tanjakan. Silahkan nilai sendiri cocok atau tidak . .hahaha

Untuk bagaimana sistem ini bekerja bisa di tunggu di postingan berikutnya!!

No comments: