Konsep Tegangan dan Regangan

Yang bisa mengalami tegangan bukanlah hanya makhluk hidup saja , akan tetapi material logam juga mengalami tegangan,Apabila beban static diberikan pada material, maka material akan berubah bentuk (Berdeformasi). Jika kita akan memperoleh informasi mengenai perilaku dari material,

maka perhatikan gambar di bawah ini :
Konsep Tegangan Regangan
Keterangan :


 F  : Gaya yang diberikan pada material.
 lf   : Panjang material setelah diberikan gaya.
 lo  : Panjang awal material.
 Ao : Luas penampang material mula – mula.
 X   : Selisih antara lf dan lo.
F adalah beban yang diberikan tegak lurus terhadap potongan melintang bidang dan dinyatakan dalam satuan beban (berat atau massa), yaitu newton atau kg. sementara Ao adalah luas potongan melintang bidang yang tegak lurus bidang sebelum bahan di beri beban.Tegangan (σ) adalah intensitas beban yang di distribusikan di dalam material yang menghambat perubahan bentuk, dimana sesuai dengan persamaan berikut :



Satuan dari σ adalah MPa, dimana 1 MPa = 106 N/m2. Deformasi digunakan sebagai istilah umum untuk perubahan bentuk dari sebuah benda atau material dan dinyatakan dalam regangan ( Ɛ ), yang mempresentasikan perubahan dari sebuah benda.


lo adalah panjang awal material sebelum di berikan beban, lf adalah panjangakrihmaterial. Regangan (Ɛ) tidak memiliki unit dan sering dinyatakan dalam presentase (%).

Semoga Bermanfaat
sumber : Pengantar material teknik.

No comments: